IMADE ke-3
Sabtu, 05 Oktober 2019

Dalam rangka Dies Natalis Universitas Tarumanagara (UNTAR) ke-60 dan ulang tahun Fakultas Kedokteran UNTAR (FK UNTAR) ke-54, FK UNTAR mengadakan workshop dan seminar Ilmu Penyakit Dalam IMADE (Internal Medicine Annual Update) ke-3 pada tanggal 4 dan 5 Oktober 2019.

Parallel workshop yang diadakan selama setengah hari pada tanggal 4 Oktober di hotel Aston Kartika menghadirkan 3 nara sumber, yaitu dr. Andra, Sp.PD-KEMD dengan topik “How to Use Insulin Treatment in Daily Practice”, dr. Hadisono, Sp.P dengan topik “How to Use Inhalation Therapy in Primary Care” dan dr. Hendri Pangestu, Sp.An, KIC, MH dengan topik “Evaluation and Approach of Acid Base Disorders, Electrolyte Imbalance and Management of Fluid Therapy”. Peserta yang hadir mencapai hampir 80 orang, melebihi dari yang ditargetkan. Peserta juga tampak antusias dengan topik yang disajikan karena dapat meningkatkan kompetensi dokter umum dalam praktik sehari-hari.

Rangkaian kegiatan IMADE keesokan harinya dilanjutkan dengan seminar 1 hari yang menyajikan materi  dari berbagai sub disiplin penyakit dalam, misal materi yang terkait kelainan paru, jantung, saluran cerna, prostat. Sebagai narasumber tampil beberapa staf pengajar FK Untar serta RSUD Ciawi seperti dr. Hadisono, Sp.P, dr. Joyce Bratanata, Sp.PD-KPTI, dr. Andria Priyana, Sp.JP, dr. Hardianto Setiawan, Sp.PD-KGEH dan dr. Yulfitra Soni, Sp.U. Narasumber eksternal yang hadir yaitu Prof. Marcellus Simadibrata, Sp.PD-KGEH dan dr. Budhi Antariksa, Ph.D, Sp.P(K). Sebagai keynote speaker, hadir Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Manfaat Kesehatan Primer BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), dr. Nurifansyah. Seminar diadakan di Auditorium lantai 8 Gedung M Kampus I Untar, dihadiri hampir 300 peserta dari  Jakarta dan luar Jakarta.  

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018